Sunday, January 8, 2012

Liputan Acara Psychocare 2 "Giving Our Loves to D'Elders"

Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kembali menyelenggarakan sebuah acara di bidang sosial yang bernama Psychocare 2. Psychocare 2 diadakan pada hari Sabtu, 7 Januari 2012 dan mengambil tempat di Panti Werdha Melania, Ciputat. Psychocare 2 mengangkat tema besar, yaitu GOLD (Giving Our Love to D'Elders).

Psychocare yang sudah memasuki tahun ke duanya memiliki konsep yang berbeda dari sebelumnya. Jika Psyhcocare yang pertama mengangkat perhatian terhadap anak-anak penyandang kanker, Psychocare 2 mengangkat perhatian lebih terhadap para lansia, yang didapat dari hasil need assessment yang disebar ke Mahasiswa/i Psikologi UAJ.

Salah satu kegiatan dalam Psychocare 2 adalah membuat prakarya untuk melatih kemampuan motorik para lansia yang sudah mulai melemah.

Melukis juga menjadi bagian dari Psychocare II dan mereka dibantu oleh para mahasiswa yang menjadi peserta dalam acara ini.

Acara dibagi menjadi 2 bagian. Bagian 1, peserta yang merupakan Mahasiswa/i Psikologi UAJ akan mendapatkan waktu berdua dengan para lansia untuk mengerjakan sebuah kegiatan yang sudah dirancang oleh panitia. Kegiatan yang disiapkan diantaranya adalah melukis dan membuat vas bunga. Sedangkan pada gelombang kedua, para lansia diberikan kegiatan lain seperti membuat bingkai foto, merankai bunga, dan membuat es buah.

Acara yang berlangsung kurang lebih 4 jam ini ditutup dengan persembahan khusus dari para lansia dan panitia. Beberapa lansia terlihat sangat antusias dalam menunjukkan bakat mereka, seperti menyanyi dan membaca pantun. Sedangkan para panitia juga tidak mau kalah dengan meyumbangkan beberapa buah lagu bernuansa nostalgia.

Beberapa lukisan karya dari para lansia yang ikut melukis di dalam Psychocare II.

Ada beberapa lansia yang sudah tidak bisa ikut kegiatan, akan tetapi kami tidak mengabaikannya dan tetap menemani mereka.

Beberapa lansia dan peserta mahasiswa/i juga diberikan waktu untuk menyampaikan kesan pesan selama mengikuti acara Psychocare 2. Semuanya merasakan hal yang sama, yaitu sebuah kebahagiaan dan pelajaran baru. Kami berharap dengan diadakannya Psychocare 2 ini, dapat menumbuhkan kepedulian yang lebih tinggi, saling berbagi terhadap siapapun, terutama kepada sosok yang lebih tua.


HIMAPSI,
Yes, We Can!!

No comments:

Post a Comment